Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Pengembangan Potensi Wisata Daerah Dengan Mendisain Wisata Minat Khusus Guna Mencapai Customer Startisfaction

PENDAHULUAN

Salah satu produk wisata alternatif yang cukup digemari saat ini adalah wisata minat khusus. Sesuai dengan Undang-Undang  Nomor. 9 tahun 1990, peta minat khusus yang tercakup disini adalah “wisata yang memanfaatkan alam dan potensi seni budaya bangsa untuk menimbulkan daya tarik dan sekaligus sebagai sasaran wisata”. Setidaknya secara umum pangsa pasar untuk wisatawan yang terlibat dalam wisata minat khusus dapat dibedakan menjadi dua yaitu Kelompok Pertama yaitu Kelompok Ringan (soft Adventure), sedangkan kelompok Kedua sering disebut Kelompok Berat(Hard Adventure) untuk itu memang diperlukan beberapa model pendekatan guna mempertahankan pangsa pasar dan meningkatakan pertumbuhan pasar. Salah satu yang banyak direkomendasikan para ahli marketing adalah Customer statisfaction.

Kepuasan pelanggan atau customer satisfaction merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang  akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut (Band, 1991).  Faktor yang paling penting untuk menciptakan kepuasan konsumen/ pelanggan adalah kinerja dari agen yang biasanya diartikan dengan kualitas dari agen tersebut (Mowen, 1995).
Di dalam pemasaran apapun, produk jasa yang berkualitas mempunyai peranan penting untuk membentukkepuasan pelanggan (Kotler dan Armstrong, 1996).  Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan semakin tinggi.  Bila kepuasan pelanggan semakin tinggi, maka dapat menimbulkan keuntungan bagi badan usaha tersebut. Pelanggan yang puas akan terus melakukan pembelian pada badan usaha tersebut. Demikian pula sebaliknya jika tanpa ada kepuasan, dapat mengakibatkan pelanggan pindah pada produk lain.

TUJUAN
1. Mengetahui peran dan fungsi wisata minat khusus dalam pariwisata daerah
2. Memahami pentingnya customer statisfaction di dunia pariwisata
3. Mampu menerapkan customer statisfaction

MATERI
1. Peran dan Fungsi Wisata Minat Khusus Di Daerah
2. Perencanaan, Penerapan Wisata Minat Khusus
3. Pemilihan Media Promosi.
4. Evaluasi Penerapan Program
5. Pentingnya Customer Statisfaction
6. Kunjungan Lapangan

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN
Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi.

PESERTA :
1.  Kepala Dinas Pariwisata Propinsi/Kota/Kabupaten.

2.  Kepala Bidang/Sub. Bidang Destinasi wisata Dinas Pariwisata Propinsi/Kota/Kabupaten.
3.  Kepala Bidang/Sub. Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Propinsi/Kota/Kabupaten.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

NoBulanOpsi Tanggal PelatihanOpsi Tempat Pelatihan
1Januari8-10 Januari 2018 Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2Februari15-17 Februari 2018
3Maret19-21 Maret 2018
4April26-28 April 2018
5Mei21-23 Mei 2018
6Juni7-9 Juni 2018
7Juli16-18 Juli 2018
8Agustus23-25 Agustus 2018
9September17-19 September 2018
10Oktober18-20 Oktober 2018
11November12-14 November 2018
12Desember20-22 Desember 2018


BIAYA KEGIATAN
Paket A (Menginap) Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Ribu Rupiah)

Paket B (Tanpa Penginapan) Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Ribu Rupiah) * Non Residensial
Fasilitas yang didapatkan : Materi Soft copy dan hard copy, Flash disk, Dokumentasi,Souvenir,Seminar Kit,Coffe Break dan Makan siang selama kegiatan.

Kegiatan akan dilaksanakan dengan jumlah peserta minimal 5 orang

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePrint this pagePin on PinterestShare on Tumblr

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*